Pendidikan


SMTKODEMATA KULIAHSKS
1UIN62001Al-Qur’an Hadis2
1UIN62002Ilmu Tauhid2
1UIN62003Fiqh2
1UIN62004Akhlak Tasawuf2
1UIN62005Pancasila2
1UIN62006Kewarganegaraan2
1UIN62008Wasathiyah Islam2
1UIN62009Bahasa Arab2
1EBI62004Pengantar Manajemen2
1EBI62005Pengantar Akuntansi2
1BDI62101Pengantar Bisnis2
TOTAL22
2UIN62007Bahasa Indonesia2
2UIN62010Bahasa Inggris2
2EBI62005Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam2
2EBI62001Fiqh Ekonomi dan Bisnis Islam2
2BDI63201Ekonomi Mikro Islam3
2BDI62202Etika Bisnis & Hukum Cyber3
2BDI63203Manajemen Operasi Bisnis Digital3
2BDI62204Perilaku Organisasi & Konsumen2
2BDI62205Aplikasi Komputer2
TOTAL21
3BDI63301Ekonomi Makro Islam3
3BDI62302E-Commerce3
3BDI63303Digital Ekonomi Syariah3
3BDI63304Website Fundamentals & Tools3
3BDI62305Komunikasi Bisnis Syariah2
3BDI62306Statistika Bisnis2
3BDI63307Database3
3BDI63308Kewirausahaan3
TOTAL22
4BDI63401Studi Kelakayan & Riset Bisnis Syariah3
4BDI63402Manajemen Sumber Daya Insani (Leadership) Bisnis Digital3
4BDI62403Interprofessional Education (IPE)2
4BDI63404Content Planning & Promotions3
4BDI63405Computer Programing3
4BDI63406Product Development And Service Innovation3
4BDI63407Big Data3
4BDI62408Pengambilan Keputusan Bisnis Syariah2
TOTAL22
5BDI63501Fintech Industri3
5BDI62502 Social Media Management2
5BDI63503Promosi dan Negosiasi3
5BDI63504 Simulasi Bisnis Digital3
5BDI62505 Customer Relationship Management2
5BDI63506 Sistem Cloud3
5BDI63507 Pengembangan Komunitas3
5BDI63508 Metode Agile3
TOTAL22
6BDI63601 Manajemen Keuangan Syariah3
6BDI63602 Manajemen Logistik dan Suply Chain3
6BDI63603 Metodologi Penelitian3
6BDI63604 Komputer Akuntansi3
6BDI63605 Komputer Multimedia3
MATA KULIAH PEMINATAN PEMASARAN DIGITAL
6BDI63606 E-Marketing & E-CRM3
6BDI63607 Strategi Pemasaran Bisnis Digital3
Mata Kuliah Peminatan Kewirausahaan Digital
6BDI63608 SMEs Technopreneurship 3
6BDI63609 Digital Business Project3
Mata Kuliah Peminatan Analisis Bisnis Digital
6BDI63610 Budget Management and Forecasting 3
6BDI63611 Bisnis Internasional 3
TOTAL21
7EBI64001 Internship Program4
7UIN64011Praktikum Pengabdian Masyarakat4
TOTAL8
8EBI66007Skripsi6
TOTAL6
TOTAL KESELURUHAN SKS144
NO.MATA KULIAHKODE MKDESKRIPSI
1AL-QUR’AN HADISUIN62001Pada mata kuliah ini mahasiswa akan praktek membaca Al-Qur`an secara baik dan benar menurut kaidah ilmu tajwid. Selain itu mahasiswa juga akan mempelajari berbagai konsep dasar di dalam Al-Qur`an dan Hadits secara integrative, mulai dari definisi, fungsi, kedudukan Al-Qur`an dan Hadits. Setelah itu mahasiswa akan juga mempelajari berbagai tema-tema penting di dalam Al-Qur`an dan Hadits yang memuat nilai-nilai paling fundamental di dalam ajaran Islam, seperti Tauhid, Syirik, Bir al-Walidain, Pergaulan Laki-laki dan Perempuan – yang kesemuanya dikaji secara intradisipliner dan multidisipliner termasuk integrasinya dengan kajian ilmiah, yaitu logis, rasional, empiris, sistematis dan kontekstual.
2ILMU TAUHIDUIN62002Pada mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari tentang konsep ilmu tauhid dan implementasinya dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat. Matakuliah ini juga membekali mahasiswa agar mampu bersikap moderat dan toleran dalam menyikapi perbedaan berbagai aliran keagamaan.
3FIQHUIN62003Pada mata kuliah ini mahasiswa akan belajar tentang prinsip-prinsip dasar Fiqh, Sumber dan Sifatnya, Wudhu dan Tayammum, Shalat Fardhu, Shalat Sunnah Rawatib, Shalat Jama’ dan Qashar, Shalat bagi Orang yang Sakit, Shalat Berjamaah dan Masbuk, Puasa, Muamalah Maliyah, Zakat, Qurban dan Akikah, Fiqh Kontemporer
4AKHLAK TASAWUFUIN62004Mata kuliah ini menjelaskan pemahaman tentang sisi batin agama Islam, sehingga diharapkan dapat melahirkan kesadaran ruhani dan terbentuknya kepribadian Rabbani dan akhlakul karimah melalui pendidikan hati yaitu maqomat (Taubat, Zuhud, Sabar, Tawakal, Ikhlash, dll), ahwal (Khauf, Raja`, Hubb).
5PANCASILAUIN62005Mata kuliah ini memberikan dasar pemahaman tentang konsep dasar Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan segala hal yang terkait dengan eksistensi dan perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara di setiap bidang pembangunan. Dalam mata kuliah ini dibahas Pengantar Mata Kuliah, Pancasila dalam Kajian, Sejarah Bangsa Indonesia, Pancasila sebagai Dasar Negara, Pancasila sebagai Ideologi negara, Simbol-simbol Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Sistem Etika, dan Pengamalan Pancasila (Analisis hakikat Pancasila)
6KEWARGANEGARAANUIN62006Mata kuliah ini merupakan mata kuliah penompang nasionalisme yang dimaksudkan sebagai bekal mahasiswa agar menjadi warga negara yang baik. Perkuliahan ini menitikberatkan pada aspek kedalaman pengetahuan dan wawasan kebangsaan , baik secara historis, yuridis, maupun politis
7WASATHIYAH ISLAMUIN62008Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib Nasional di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), yang bertujuan untuk membentuk pola pikir, sikap dan prilaku yang moderat dalam beragama. Mata kuliah ini akan membahas tentang berbagai aspek dalam Islam dan Moderasi Beragama, mulai dari konsep dasar moderasi beragama, landasan teologis, historis, serta nilai-nilai dan indikator moderasi beragama. Mata Kuliah ini juga memuat aspek praktis moderasi beragama dalam menganalisis secara mendalam fenomena sosial keagamaan masyarakat di Indonesia menggunakan iceberg analysis dan proses-U. Mata kuliah ini secara khusus bertujuan untuk mengelola gerakan moderasi beragama dalam lingkup kegiatan di lingkungan sekolah/masyarakat.
8BAHASA ARABUIN62009Mata kuliah ini disajikan untuk pengayaan dan pendalaman dalam penguasaan skil berbahasa Arab dengan menanamkan kebiasaan kepada mahasiswa untuk terbiasa mendengarkan, memahami percakapan hingga mampu mengungkapkan apa yang mereka dengar dengan bahasa Arab baik melalui dosen, native speaker, media elektronik ataupun sesama mereka sendiri dan dapat mempraktekkannya dalam percakapan. Dalam mata kuliah ini mahasiswa dilatih keterampilan (skill) berbicara bahasa Arab yang benar, sehingga memudahkan mereka dalam berbicara bahasa Arab.
9PENGANTAR MANAJEMENEBI62004Pada mata kuliah ini mahasiswa akan belajar tentang konsep dasar manajemen bisnis, manajer dalam kegiatan manajemen, perkembangan ilmu manajemen, lingkungan dan budaya organisasi, tanggung jawab sosial dan etika manajemen, fungsi perencanaan dan pengambilan keputusan, manajemen strategis perusahaan, desain dan struktur organisasi, kekuasaan, kewenangan, tanggung jawab, dan delegasi, manajemen sumber daya manusia, faktor individu dalam organisasi, motivasi dan kepemimpinan, pengawasan dan pengendalian organisasi.
10PENGANTAR AKUNTANSI EBI62005Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan mahasiswa bekal teori, analisis, dan keterampilan teknis yang berkaitan dengan siklus akuntansi dalam dunia bisnis (perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur) yang menghasilkan laporan keuangan berbasis SAK yang berlaku
11PENGANTAR BISNISBDI62101Mata Kuliah ini memberikan bekal pengetahuan, pengertian serta pemahaman kepada para mahasiswa agar menguasai wawasan, ruang lingkup berbagai konsep-konsep bisnis. Konsep bisis ini diperlukan sebagai bekal dasar untuk mempelajari pengetahuan bisnis yang lebih rinci pada studi lanjutan . Juga diberikan pengetahuan praktis jika diperlukan mahasiswa mampu mengelola bisnis sendiri, membuka lapangan kerja, bertindak efisien dalam kehidupan sehari-hari.
12BAHASA INDONESIAUIN62007Mata kuliah Bahasa Indonesia ini bertujuan agar mahasiswa dapat memiliki keterampilan dalam menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun secara tulis. Terutama lebih ditekankan pada keterampilan pengungkapan gagasan ilmiah secara objektif dan rasional yang dituangkan dalam karya tulis ilmiah, sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.
13BAHASA INGGRISUIN62010Pada mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan pengunanaan kalimat sederhana (simple sentence), kalimat majemuk (compound sentence), kalimat komplek (complex sentence), induk kalimat dan anak kalimat (independent and dependent clause), adjective clause, noun clause, adverb clause serta strategi mengerjakan TOEFL structure dan reading.
14SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAMEBI62005Mata kuliah Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam merupakan mata kuliah dasar pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Mata kuliah ini secara umum membahas tokoh-tokoh pemikir muslim dalam bidang ekonomi dan pengembagannya, dari lahirnya Islam yakni abad pertama hijriyah hingga era modern (kontemporer). Dalam mata kuliah ini dibahas segala dimensi sejarah pemikiran ekonomi Islam, autobiografi, latarbelakang sosiohistoris-nya, hasil karya, periodisasi dan perkembangannya. Sehingga ditemukan konsep dan teori, etika ekonomi, kaidah-kaidah, hukum maupun filsafat ekonominya. Dengan demikian dapat mengantarkan mahasiswa pada pemahaman secara detail bahwa buah karya pemiikiran ekonomi Islam benar-benar original yang dapat menginspirasi/pencerahan.
15FIQH EKONOMI DAN BISNIS ISLAMEBI62001Matakuliah ini memberikan bekal kemampuan kepada mahasiswa dalam menganalisis dan memahami pentingnya Fiqh Muamalah, mengidentifikasi dan mensimulasikan teori Fiqh Muamalah, Menganalisis beberapa akad dalam transaksi maaliah dan mengaplikasikan beberapa akad dalam kegiatan ekonomi dan bisnis, Serta Mengidentifikasi kegiatan ekonomi yang termasuk katagori riba dan yang bebas riba dan membedakan antara bunga dan riba dalam kegiatan ekonomi.
16EKONOMI MIKRO ISLAMBDI63201Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang ekonomi mikro islam. Mahasiswa akan mempelajari prinsip dasar ilmu ekonomi, serta implementasinya
17ETIKA BISNIS & HUKUM CYBERBDI62202Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang Etika Bisnis dan Hukum Cyber, memfokuskan pada pengaruh teknologi terhadap praktik bisnis dan regulasi. Mahasiswa akan mempelajari prinsip etika, kebijakan, dan regulasi cyber serta aplikasinya dalam bisnis digital. Kursus ini akan menyediakan studi kasus untuk mengaplikasikan teori dalam praktik nyata, mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan etis dan hukum di dunia bisnis modern.
18MANAJEMEN OPERASI BISNIS DIGITALBDI63203Manajemen Operasi memberikan kesempatan bagi mahamahasiswa untuk belajar bagaimana merancang, merencanakan, mengontrol, mengkoordinasikan, dan meningkatkan proses bisnis, sistem dan sumber daya produk dan layanan. Manajemen Operasi akan memandu mahasiswa untuk memecahkan masalah.
19PERILAKU ORGANISASI & KONSUMENBDI62204Pada mata kuliah ini mahasiswa akan belajar tentang Perilaku Organisasi dan Konsumen dalam kegiatan manajemen, perkembangan ilmu manajemen, lingkungan dan budaya organisasi, tanggung jawab sosial dan etika manajemen, fungsi perencanaan dan pengambilan keputusan, manajemen strategis perusahaan, desain dan struktur organisasi, kekuasaan, kewenangan, tanggung jawab, dan delegasi, manajemen sumber daya manusia, faktor individu dalam organisasi, motivasi dan kepemimpinan, pengawasan dan pengendalian organisasi.
20APLIKASI KOMPUTERBDI62205Mata kuliah Aplikasi Komputer merupakan mata kuliah dasar yang mempelajari tentang penggunaan komputer dan perangkat lunak untuk menyelesaikan berbagai macam tugas dan pekerjaan. Memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk menggunakan program aplikasi perkantoran seperti pengolah kata, pengolah angka, dan program presentasi.
21EKONOMI MAKRO ISLAMBDI63301Pada mata kuliah ini mahasiswa akan belajar tentang konsep dasar manajemen bisnis, manajer dalam kegiatan manajemen, perkembangan ilmu manajemen, lingkungan dan budaya organisasi, tanggung jawab sosial dan etika manajemen, fungsi perencanaan dan pengambilan keputusan, manajemen strategis perusahaan, desain dan struktur organisasi, kekuasaan, kewenangan, tanggung jawab, dan delegasi, manajemen sumber daya manusia, faktor individu dalam organisasi, motivasi dan kepemimpinan, pengawasan dan pengendalian organisasi.
22E-COMMERCEBDI62302Pada mata kuliah ini mahasiswa akan belajar tentang konsep dasar manajemen bisnis, manajer dalam kegiatan manajemen, perkembangan ilmu manajemen, lingkungan dan budaya organisasi, tanggung jawab sosial dan etika manajemen, fungsi perencanaan dan pengambilan keputusan, manajemen strategis perusahaan, desain dan struktur organisasi, kekuasaan, kewenangan, tanggung jawab, dan delegasi, manajemen sumber daya manusia, faktor individu dalam organisasi, motivasi dan kepemimpinan, pengawasan dan pengendalian organisasi.
23DIGITAL EKONOMI SYARIAHBDI63303Pada mata kuliah ini mahasiswa akan belajar tentang konsep dasar manajemen bisnis, manajer dalam kegiatan manajemen, perkembangan ilmu manajemen, lingkungan dan budaya organisasi, tanggung jawab sosial dan etika manajemen, fungsi perencanaan dan pengambilan keputusan, manajemen strategis perusahaan, desain dan struktur organisasi, kekuasaan, kewenangan, tanggung jawab, dan delegasi, manajemen sumber daya manusia, faktor individu dalam organisasi, motivasi dan kepemimpinan, pengawasan dan pengendalian organisasi.
24WEBSITE FUNDAMENTALS & TOOLSBDI63304Di era digital yang dinamis ini, website menjadi salah satu alat penting bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan, membangun brand, dan meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, mempelajari mata kuliah Website Fundamental & Tools menjadi sangat penting bagi mahasiswa bisnis digital. Mata kuliah ini diajarkan untuk mencapai kompetensi pembuatan dan pengembangan aplikasi berbasis web melalui pemahaman teknologi jaringan, internet, bahasa pemrograman HTML, JS, PHP dan berbagai kolaborasi teknologi sehingga mahasiswa akan mampu menciptakan/membuat dan mengembangkan aplikasi berbasis web yang bermanfaat di berbagai bidang dengan teknologi terkini.
25KOMUNIKASI BISNIS SYARIAHBDI62305Mata kuliah ini membahas tentang Komunikasi Bisnis Syariah, untuk medukung proses bisnis dimasa yang akan datang. Komunikasi Bisnis Syariah bukan sekedar trend di dunia, namun bagian dari transformasi penerapan komunikasi untuk menjalankan bisnis syariah.. Oleh karena itu, pengetahuan akan konsep Komunikasi Bisnis Syariah dan pengalaman untuk penerapannya dalam project sederhana yang diimplementasikan pada mata kuliah ini diharapkan dapat membantu Mahasiswa mempersiapkan diri di duna kerja atau bahkan menjadi pelaku Komunikasi Bisnis Syariah tersebut. Mempelajari Komunikasi Bisnis Syariah dalam perkuliahan memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa, baik dalam hal pengetahuan, keterampilan, maupun pengembangan karakter. Ilmu ini tidak hanya relevan bagi mahasiswa yang ingin berkarir di bidang bisnis syariah, tetapi juga bagi semua mahasiswa yang ingin memahami sistem bisnis yang ideal dan etis.
26STATISTIKA BISNISBDI62306Mempelajari mata kuliah statistika bisnis menjadi sangat penting bagi mahasiswa bisnis digital. Di era digital yang dinamis ini, data menjadi aset berharga bagi bisnis untuk memahami pelanggan, mengoptimalkan strategi, dan membuat keputusan yang tepat. Mata kuliah ini berisi tentang konsep dasar statistika bisnis, populasi &; sampel, probabilitas, penyajian data deskriptif, analisis data inferensial dan pengujian hipotesa untuk penelitian bisnis. Metode pembelajaran yang sering digunakan adalah ceramah dan diskusi, serta CBL (case based learning)
27DATABASEBDI63307Mata kuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa tentang dua bagian, yakni basis data (database) dan gudang data (data warehouse). Pada bagian pertama, pengembangan basis data dilakukan dengan memperhatikan beberapa jenis data dan jenis basis data yang dikenal saat ini. Mahasiswa akan diberikan pengetahuan tentang beberapa konsep data, konsep basisdata, dan penggunaan basisdata pada suatu aplikasi, khususnya aplikasi berbasis web. Hal ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan yang cukup kepada mahasiswa cara mengakses data dari sebuah basisdta baik secara langung maupun lewat suatu aplikasi. Di bagian akhir dari kuliah, mahasiswa juga akan diajari tentang cara pemeliharaan dan menjaga kerahasiaan data. Materi kuliah tentang basis data dibagi menjadi dua sub bagian. Sub bagian pertama berisi konsep dan pengembangan basis data secara konseptual dan logika, termasuk di dalamnya diskusi tentang model data dan basis data, dan proses normalisasi yang menjadi salah satu proses penting dalam pengembangan basis data. Bagian kedua berisi tentang pemanfaatan satu paket open source untuk membangun aplikasi berbasis Web. Secara khusus akan dipelajari cara penggunaan MySQL untuk mempraktekkan apa yang sudah disampaikan pada bagian pertama. Bagian kedua membicarakan tentang konsep gudang data yang dilanjutkan dengan diskusi tentang perbedaan antara basisdata dengan gudang data, dan kaitan antara gudang data dengan business intelligence. Selanjutnya, materi diskusi akan berkisar pada komponen penyusun gudang data, pemodelan dimensional, yang secara khusus akan menjelaskan tentang skema bintang dan bus. Materi tentang gudang data akan diakhiri dengan penjelasan tentang ekstraksi, transformasi, dan loading data dari sebuah gudang data.
28KEWIRAUSAHAANBDI63308Mata kuliah ini membahas tentang Kewirausahaan, untuk mengembangkan pemahaman dan kesadaran tentang hakikat entrepreneurship yang mencakup konsep dasar, karakteristik, serta tujuan pembelajaran entrepreneurship. Pada hakikatnya, entrepreneurship bukan hanya bakat yang dibawa sejak lahir dan dapat dipraktikkan begitu saja di lapangan usaha. Entrepreneurship selain dapat dipelajari, juga harus dapat diinternalisasi secara luas melalui proses pendidikan. Individu yang memiliki jiwa entrepreneur adalah individu yang mengenal potensi dirinya dengan baik, belajar mengembangkan potensi untuk melihat dan mengkreasikan peluang dalam mewujudkan cita-citanya. Ruang lingkup konsep entrepreneurship yang akan dibahas dan didiskusikan dalam mata kuliah ini berorientasi pada dua aspek utama, yaitu orientasi nilai (value-oriented) dan orientasi tujuan (goal-oriented). Salah satu muatan penting yang perlu diintroduksi kepada mahasiswa yaitu internalisasi sistem nilai yang terkandung dalam entreprneurship, yakni kemandirian, berpikir kreatif, soft-skill, keterampilan interpersonal, komunikasi persuasif, kerja keras, persistensi, dan lainnya. Mahasiswa dapat mendiseminasikan karakteristik dan etos entrepreneurship secara meluas melalui jalur pendidikan formal, informal, maupun nonformal.
29STUDI KELAKAYAN & RISET BISNIS SYARIAHBDI63401Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang arti, ruang lingkup dan manfaat studi kelayakan bisnis, konsep siklus proyek/bisnis, aspek-aspek studi kelayakan bisnis; identifikasi biaya dan manfaat bisnis, konsep nilai uang (time value of money), pembayaran kredit dengan defered annuity, kriteria investasi; serta kelayakan suatu bisnis, analisis biaya sumberdaya domestik (DRC) dan analisis matriks kebijakan (PAM)
30MANAJEMEN SUMBER DAYA INSANI (LEADERSHIP) BISNIS DIGITALBDI63402Mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dan Organisasi membahas tentang fungsi pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam organisasi mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengaktualisasian, dan pengendalian SDM dalam organisasi. Mata kuliah ini mengkaji proses SDM yang meliputi seleksi, rekrutmen, penempatan, analisis jabatan, pelatihan dan pengembangan, kompensasi, budaya organisasi, hingga proses pasca kerja. Mata kuliah MSDM dan Organisasi membahas tentang proses SDM yang dilaksanakan secara holistik oleh suatu organisasi karena MSDM merupakan tahapan yang tidak dapat dipisahkan. Output pembelajarannya adalah mahasiswa dapat melakukan tahapan pengadaan SDM dalam organisasi mulai dari proses analisis kebutuhan hingga pensiun. Model Pembelajaran pada Matakuliah MSDM dan Organisasi ini yaitu Case Method
31INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE)BDI62403Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kolaborasi lintas profesi berdasarkan konsep Interprofessional Education dan Interprofessional Collaboration, serta memberikan gambaran umum cara menjalin komunikasi yang berbudaya demi mewujudkan kolaborasi efektif dengan mitra di masyarakat. Pengalaman belajar meliputi pembelajaran di kelas dan di lahan praktik.
32CONTENT PLANNING & PROMOTIONSBDI63404Mata Kuliah Perencanaan Media merupakan aktivitas yang penting dalam kegiatan periklanan dan promosi. Dipelajari supaya kegiatan promosi dalamberiklan dapat memberikan hasil yang diharapkan. Hal ini disiapkan supaya dapat menghasilkan komunikasi yang efektif sehingga pesan yang disampaikan dapat atensi yang besar dari target sasaran.
33COMPUTER PROGRAMINGBDI63405Computer Programming adalah mata kuliah yang mengajarkan mahasiswa untuk merancang, menulis, dan mengevaluasi program komputer. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari konsep dasar pemrograman, logika algoritma, dan sintaks berbagai bahasa pemrograman
34PRODUCT DEVELOPMENT AND SERVICE INNOVATIONBDI63406Mata Kuliah ini membahas konsep, teori dan praktik pengelolaan inovasi dalam perusahaan. Pembelajaran mencakup tiga bahasan besar, yaitu: 1) Pengertian dan ruang lingkup inovasi; 2) Proses inovasi; dan 3) Pengelolaan inovasi pada level perusahaan serta jejaring dan ekosistem inovasi. Proses inovasi yang mencakup search, select, implement, capture dipelajari dari sumber-sumber inovasi, kemudian adopsi dan difusi inovasi, model bisnis, inovasi operasi dan proses, serta inovasi produk baru maupun layanan baru, hingga manfaat inovasi serta pembelajaran dari inovasi. Diharapkan mata kuliah ini dapat menjadi bekal mahasiswa untuk berinovasi serta mendirikan startup dalam rangka membentuk jiwa kemandirian dengan berwirausaha
35BIG DATABDI63407Matakuliah ini memberikan gambaran dan ketrampilan dalam pemahaman BigData baik secara konsep dasar, karakteristik dasar serta implementasinya dimulai dari proses pengambilan data, penyimpanan data, proses persiapan data (ETL) dan proses penggunaan infrastruktur Big Data secara lokal (Hadoop sama MongoDB) , big data di cloud (AWS, Amazon Web Service), dan big data analitic
36PENGAMBILAN KEPUTUSAN BISNIS SYARIAHBDI62408Mata kuliah ini berisikan muatan tentang latar belakang suatu keputusan yang harus diambil, tujuan dan fungsi pengambilan keputusan, jenis-jenis keputusan, dasar pengambilan sebuah keputusan, faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan sebuah keputusan, pembuatan diagram pohon keputusan, proses pengambilan sebuah keputusan berdasarkan parameter keputusan, pengambilan keputusan dalam situasi ketidak-pastian, program linier untuk memaksimalkan dan meminimalkan suatu fungsi, situasi
37FINTECH INDUSTRIBDI63501Mata kuliah ini membahas implikasi kemajuan teknologi terhadap keadaan industri keuangan saat ini dan masa depan. Tujuannya adalah untuk memicu proses pemikiran disrupsi teknologi dan inovasi serta untuk menegakkan anggapan bahwa perubahan struktural terkini di seluruh industri keuangan memberikan spektrum peluang internal dan eksternal yang berharga. Studi kasus yang akan dieksplorasi meliputi mata uang digital (bitcoin), penyelesaian (blockchain), lindung nilai sebagai manajemen resiko, perdagangan dan penasehat keuangan dalam FinTech.
38SOCIAL MEDIA MANAGEMENTBDI63502Mata Kuliah ini membahas tentang definisi media sosial, fenomena perkembangan media sosial, perubahan kebiasaan akibat media sosial, dan gaya hidup virtual di media sosial yang membawa pengaruh terhadap perubahan sosial di masyarakat. Termasuk di dalamnya pembahasan mengenai media digital, cyberspace dan cyberculture, hingga virtual community dalam kasus sehari-hari di masyarakat
39PROMOSI DAN NEGOSIASIBDI63503Mahasiswa diharapkan mampu mengerti, memahami, mengaplikasikannya dalam dunia bisnis baik di pasar global dan internasional, serta bisa Berinovatif, bisa memanfaatkan peluang bisnis yang sedang berkembang atau tren pada saat ini, serta mampu bertahan dalam mempertahankan produk inovatif bisnisnya. Dengan demikian semua ilmu yang di pelajari dapat di terapkan dan di aplikasiknanya sehingga tujuan dan manfaat bisnis bisa didapatkan sesuai dengan harapannya bahkan lebih.
40SIMULASI BISNIS DIGITALBDI63504Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa bisnis digital dengan beberapa pengetahuan untuk membantu menavigasi organisasi menuju bisnis digital. Mata kuliah ini mengidentifikasi dan meninjau keputusan manajemen dalam bisnis digital. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan integrative yang mengacu pada pendekatan dan model baru termasuk sistem informasi, strategi, pemasaran, keuangan, manajemen rantai pasokan, operasi, dan manajemen sumber daya manusia.
41CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENTBDI62505Pembangun sebuah hubungan yang kuat dengan pelanggan menjadi isu sentral bagi organisasi bisnis untuk meningkatkan keunggulan jangka panjang. Hubungan ini perlu dipertahankan untuk mendapatkan konsumen yang loyal.Mata kuliah ini akan membahas tentang pengertian CRM, hubungan dan komitmen, database CRM, dukungan teknologi informasi, aplikasi-aplikasi
42SISTEM CLOUDBDI63506Mata Kuliah ini membahas dan mempelajari tentang teori dan konsep dasar cloud computing, arsitektur komputing, implementasi dari cloud computing, konsep IAAS, SAAS dan PAAS, tren perkembangan cloud computing, konsep pengamanan layanan cloud computing, mengelola pemanfaatan cloud computing
43PENGEMBANGAN KOMUNITASBDI63507Pengembangan masyarakat merupakan mata kuliah yang dirancang sebagai bentuk partisipasi aktif mahasiswa sebagai upaya mendukung pemberdayaan masyarakat melalui melalui integrasi dengan pembelajaran mata kuliah berbasis kewirausahaan
44METODE AGILEBDI63508Mata kuliah ini menerapkan dan menganalisis tahapan dalam mengembangkan perangkat lunak menggunakan konsep agile scrum, baik secara individu maupun berkelompok / Kerjasama tim. Mata kuliah ini menganalisis ide dan inovasi pengembangan perangkat lunak dalam bentuk karya ilmiah
45MANAJEMEN KEUANGAN SYARIAHBDI63601Mata kuliah Manajemen Keuangan Syariah ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep manajemen keuangan syariah khususnya tentang islamic capital budgeting, islamiccapital structure and islamic financial planning pada lembaga keuangan syariah, pasar modal syariah dan pasar uang syariah. Melalu mata kuliah ini juga mahasiswa akan mendapatkan gambaran tentang manajemen keuangan syariah dalam sistem keuangan syariah.
46MANAJEMEN LOGISTIK DAN SUPLY CHAINBDI63602Mata ajar ini membahas masalah-masalah utama yang berkaitan dengan perancangan dan manajemen rantai pasokan. Manajemen rantai pasokan (supply chain management) adalah himpunan pendekatan-pendekatan yang digunakan untuk melakukan integrasi secara efisien, pemasok, produsen, gudang, dan toko agar barang dapat diproduksi dan didistribusikan ke lokasi yang tepat, dengan jumlah yang tepat dan pada saat yang tepat pula. Salah satu tujuan utama dari manajemen rantai pasokan adalah untuk meminimalkan total biaya rantai pasokan dengan tetap memenuhi berbagai pemenuhan pelayanan. Setelah mengikuti mata ajar ini mahasiswa diharapkan mampu mengilustrasikan konsep -konsep manajemen logistik dan rantai pasokan pada perusahaan manufaktur dan jasa, dapat memahami pentingnya manajemen rantai pasokan dalam operasional bisnis, menjelaskan prinsip-prinsip dasar dari manajemen rantai pasokan, dan mengetahui praktek-praktek manajemen rantai pasokan di dunia industri.
47METODOLOGI PENELITIANBDI63603Mata kuliah ini membahas tentang bagaimana mengkonstruksikan konsepdasar penelitian, masalah, variabel, kerangka teori, hipotesis, rancangan penelitian, populasi, sampel, teknik sampling, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data menurut pendekatan kuantitatif dan kualitatif gunapenyusunan proposal dan penelitian skripsi. Aplikasi pembelajarannya di kelas melalui analisis contoh-contoh artikel penelitian,
48KOMPUTER AKUNTANSIBDI63604Mata kuliah ini memberi kemampuan dan ketrampilan dalam pengolahan data akuntansi untuk menyusun laporan keuangan. Untuk mencapai tujuan di atas, materi berisi pengolahan data akuntansi, analisis data dan memasukkan data dan membuat laporan keuangan melalui sistem komputerisasi.
49KOMPUTER MULTIMEDIABDI63605Mata kuliah ini mempelajari tentang perancangan berbasis multimedia. Prinsip perancangan komputer multimedia mencakup penggabungan unsur-unsur desain seperti basic vector, bitmap, video, animasi dan suara. Dalam mata kuliah ini perangkat lunak (software) multimedia seperti adobe Flash, adobe animate, adobe premiere, adobe after effect, adobe audition dan beberapa software pendukung lainnya menjadi teknis dalam merancang kebutuhan multimedia baik untuk perancangan motion graphic, bumper, games, movie, teaser ataupun untuk kebutuhan lainnya.
50E-MARKETING & E-CRMBDI63606Kemampuan memahami teori-teori E-Marketing untuk menganalisa dan mengevaluasi masalah-masalah dalamorganisasi dengan baik. Kemampuan mengaplikasikan teori-teori E-marketinng dalam pemecahan masalah-masalah organisasional.
51STRATEGI PEMASARAN BISNIS DIGITALBDI63607Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah yang diharapkan mampu memahami, meningkatkan Pemasaran Digital danmengaplikasikan mempromosikan merek, membangun preferensi dan melakukan penjualan melalui berbagai media/teknologi digital untuk menjangkau konsumen maupun calon konsumen secara cepat dan tepat waktu. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, strategi pemasaran baru yang lebih up-to-date dan efektif dibutuhkan agar dapat menyentuh lapisan konsumen yang lebih luas. Denganmempelajari Digital marketing & advertising, tidak hanya mempelajari tentang teknik-teknik pemasaran yang efektif di era digital, melainkan juga konsep-konsep psikologi, antropologi, dan juga multimedia. Mahasiswa diberikan pemahaman perihal memberikanpengetahuan pemasaran dan keterampilan kritis yang mendasar dalam analisis pemasaran, pengambilan keputusan, dan komunikasi efektif ke organisasi-organisasi besar. Selain itu, mahasiswa memiliki kemampuan memahami cara-cara mempromosikan sebuahbrandmelalui media digital yang mampu menjangkau konsumen secara tepat, cepat, personal, dan relevan
52SMES TECHNOPRENEURSHIP BDI63608Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar tentang masa depan kewirausahaan dan perdagangan yang diaktifkan secara digital, dengan merancang dan meluncurkan bisnis digital sendiri. Mata kuliah ini memungkinkan mahasiswa menguji ide bisnisnya sendiri tanpa pengalaman teknis sebelumnya
53DIGITAL BUSINESS PROJECTBDI63609Mata kuliah Prejek bisnis digital adalah mata kuliah yang membahas tentang penggunaan teknologi digital dalam konteks bisnis. Mata kuliah ini akan membahas berbagai konsep dan teori terkait bisnis digital, serta aplikasinya dalam praktik bisnis. Mahasiswa akan mempelajari tentang berbagai aspek bisnis digital, seperti strategi pemasaran digital, strategi penjualan online, operasi bisnis online, manajemen data dan informasi, dan strategi pengembangan bisnis online. Selama kuliah, mahasiswa akan belajar tentang tren dan inovasi terbaru dalam bisnis digital, seperti mobile marketing, social media marketing, big data, dan e-commerce. Mahasiswa juga akan mempelajari bagaimana memanfaatkan teknologi digital dan internet untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan profitabilitas bisnis
54BUDGET MANAGEMENT AND FORECASTING BDI63610Budget Management and Forecasting adalah mata kuliah yang mengajarkan mahasiswa cara menyusun, mengelola, dan mengevaluasi anggaran. Materi yang dibahas meliputi teknik peramalan, analisis anggaran, serta penerapannya dalam pengambilan keputusan bisnis.
55BISNIS INTERNASIONAL BDI63611Matakuliah ini berisi tentang konsep bisnis internasional dan perkembangan pasar dunia, syarat, sistem dan metode yang dilakukan dalam perdagangan internasional, lingkup dan lingkungan perdagangan internasional, sistem pengelolaan bisnis internasional, sistem pengelolaan operasi bisnis internasional serta penggunaan alat pembayaran yang dilakukan dalam menyelesaikan perdagangan antar negara. Metode pembelajaran yang digunakan adalah memadukan antara metode ceramah, diskusi kelompok, dan tanya jawab pada setiap kali pertemuan per pokok bahasan
56INTERNSHIP PROGRAMEBI64001Internship adalah mata kuliah yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman lapangan terkait teori dan konsep yang dikembangkan dalam pendidikan teknologi dan kejuruan. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu memformulasikan masalah yang terjadi di lapangan, menggali data dari lapangan, dan membuat pemecahan masalah secara ilmiah sesuai dengan teori dan konsep yang berkembang dalam pendidikan teknologi dan kejuruan. Mata kuliah ini merupakan kegiatan sintesis dan aplikasi semua materi perkuliahan bidang studi, kependidikan yang telah diperoleh melalui mekanisme perkuliahan pada semester-semester sebelumnya, dalam bentuk unjuk kerja pengelolaaan institusi/industri/Balai Latihan. Kegiatan ini dilaksanakan pada institusi sesungguhnya seperti Balai Latihan Kerja atau Industri yang sesuai dengan bidang studi atau program studi
57PRAKTIKUM PENGABDIAN MASYARAKATUIN64011KKN tematik MBKM merupakan salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai upaya menerapkan ilmu yang diperoleh, hasil-hasil penelitian di bidang IPTEKS untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Pelaksanaan KKN merupakan kegiatan akademik perguruan tinggi yang dimanifestasikan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, pelaksanaan program KKN tematik MBKM juga harus dilaksanakan secara ilmiah, sistematik, sinergis, dan profesional.Model KKN tematik sinergi MBKM dirancang sistemik dan berkelanjutan sebagai salah satu wujud pengabdian perguruan tinggi kepada masyarakat melalui aktivitas pemberdayaan, pelatihan, penyuluhan, pembibingan, pendampingan, penelitian dan penerapan IPTEKS untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dan membantu meningkatkan kulitas hidup dalam aktivitas pembangun
58SKRIPSIEBI66007Mengembangkan daya nalar ilmiah melalui studi pustaka, lapangan mengenai topik ekonomi, mencari, mensistematikan, kemudian menuliskannya dalam bentuk project serta menyajikan secara lisan dan melakukan penelitian berdasarkan kajian-kajian ilmiah untuk memecahkan permasalahan ekonomi