Salatiga Job Fair 2023 Digelar di UIN Salatiga, Tersedia 2000 Lowongan Pekerjaan


Dampak dari pandemi sempat menyebabkan penurunan lowongan pekerjaan di Kota Salatiga. Bahkan secara statistik, tingkat pengangguran di Kota Salatiga mencapai angka 7%.  Permasalahan tenaga kerja ini perlu diselesaikan salah satunya melalui Kegiatan Salatiga Job Fair 2023.

Kegiatan Salatiga Job Fair 2023 ini diadakan oleh Pemerintah Kota Salatiga khususnya Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinnaker) dengan tema BerAKHLAK. Kegiatan diselenggarakan pada 8-9 Maret 2023 sejak pukul 09.00-15.00 WIB di Auditorium Student Center UIN Salatiga. Sebanyak 48 perusahaan dengan skala lokal dan regional turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Berbagai lowongan pekerjaan terbuka bagi para pendaftar mulai dari lulusan SMA/SMK hingga sarjana.

Berdasarkan informasi dari Kepala Disperinnaker Kota Salatiga, Susanto Adi Wibowo, terdapat 2800 pendaftar serta kurang lebih 2000 lowongan pekerjaan tersedia. Diharapkan adanya job fair bersama perusahaan-perusahaan dapat mengakomodir para pendaftar serta menurunkan tingkat pengangguran hingga 2%. Sehingga dalam satu tahun diharapkan terjadi penurunan sekitar 6 ribu pengangguran di Kota Salatiga.

Ketua DPRD Kota Salatiga, Dance Ishak Palit, M.Si juga menambahkan bahwasanya selain melalui Salatiga Job Fair, Pemerintah Kota Salatiga juga akan menginisiasi aplikasi SiOlga (Sistem Informasi Lowongan Kerja) untuk mempermudah akses bagi pencari kerja dengan perusahaan. Dengan demikian diharapkan permasalahan tenaga kerja dapat segera terselesaikan.