FRIENDSHIP GATHERING AND COMPARATIVE STUDY MANAJEMEN BISNIS SYARIAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS X UIN SALATIGA


Organisasi merupakan salah satu poin penting dalam kehidupan mahasiswa. Dalam organisasi keterampilan berbicara, berpikir kritis dan melakukan segala kegiatan dengan tanggung jawab diasah dengan baik dalam mempersiapkan mental untuk nanti menghadapi dunia yang lebih besar selepas jadi mahasiwa. Ada kalanya organisasi juga mengalami kemajuan dan kemunduran seiring progres dan mental anggota didalamnya. Dalam mencapai kemantapan berorganisasi dalam lingkup kampus khususnya HMPS, tidak hanya dibutuhkan bentuk kaderisasi yang diproses secara Internal saja. Akan tetapi perlu perbandingan dengan kampus lain, sehingga dapat di ambil suatu hasil yang positif yakni suatu kelebihan kampus lain yang dapat realisasikan.

Oleh karena itu diadakan kegiatan Friendship Gathering and Comparative Study ini diadakan dengan harapan seluruh pengurus HMPS MBS IAIN Kudus serta pengurus dari HMPS MBS UIN Salatiga ini mendapat pencerahan dan pembelajaran dari permasalahan yang berhasil dihadapi keduanya untuk mengembangkan organisasi yang diembannya. Selain itu tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan hubungan baik antara HMPS MBS IAIN Kudus dan HMPS MBS UIN Salatiga, menciptakan sarana pertukaran informasi sesama mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah, menambah wawasan tentang organisasi, dan dapat menggambil hal positif yang didapatkan setelah kegiatan

Kegiatan ini bertempat di Perpustakaan Lantai 4 IAIN Kudus pada hari Kamis, 04 Agustus 2022 yang dihadiri oleh 30 Pengurus HMPS MBS UIN Salatiga, dan 26 Pengurus HMPS MBS IAIN Kudus. Acara tersebut dimulai pukul 09.00 WIB dengan serangkaian kegiatan yaitu Registrasi, Tarian, Pembukaan, Sambutan Ketua Umum HMPS IAIN Kudus, Sambutan Ketua Umum HMPS UIN Salatiga, Sambutan Kaprodi MBS IAIN Kudus, Do’a dan Penutupan. Lalu dilanjutkan dengan Perkenalan Secara Umum Tentang HMPS yang disampaikan oleh Wakil Ketua HMPS MBS IAIN Kudus saudari Alim Munawaroh dan Ketua Umum HMPS MBS UIN Salatiga saudari Merlina Agustin. Setelah pengenalan secara umum HMPS dilanjutkan dengan FDG (Forum Group Discussion).

Dalam FGD tersebut membahas perihal sharing keorganisasian serta divisi-divisi antar kedua HMPS yang mana harapannya dapat menambah ilmu dan pengalaman serta wawasan, karena ketika acara berlangsung semua saling bertukar pendapat, usulan, dan sharing segala hal mengenai keorganisasian, sehingga dapat diterapkan dan dikembangkan serta diperbaiki lagi, apa yang perlu diperbaiki agar kinerja anggota dari masing-masing pengurus ketika melaksanakan program kerja diharapkan dapat saling berkontribusi dan profesional dalam melaksanakannya. Setelah kegiatan ini berakhir, dilanjutkan dengan ziarah ke Makam Sunan Kudus.

Dengan diselenggarakannya kegiatan studi banding ini tentunya memiliki harapan besar yakni dapat menjadi ajang silahturahmi antara anggota HMPS MBS UIN Salatiga dan HMPS MBS IAIN Kudus. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menjadi tolak ukur sudah baik atau belum sistem yang telah diterapkan dalam organisasi masing-masing.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *