SOSIALISASI MATA KULIAH KONSENTRASI PRODI MBS SUKSES DIGELAR

SOSIALISASI MATA KULIAH KONSENTRASI PRODI MBS SUKSES DIGELAR

MBS NEWS-Salatiga, 3 Oktober 2023 – Program Studi Manajemen Bisnis Syariah (MBS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga mengadakan sosialisasi mata kuliah konsentrasi pada Selasa, 3 Oktober 2023 bertempat di Ruang Seminar Lt. 3 Gedung Hasyim Asy’ari. Kegiatan ini diikuti oleh 155 mahasiswa MBS semester 5.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama, Dr. Faqih Nabhan, M.M. Dalam sambutannya, Dr. Faqih menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberi gambaran kepada mahasiswa terkait mata kuliah konsentrasi yang akan diambil di semester 6.

“Semoga kegiatan ini bisa meyakinkan kita untuk bisa memilih mata kuliah yang sesuai dengan minat kita guna keberhasilan kita di masa depan,” kata Dr. Faqih.

Materi sosialisasi disampaikan oleh Ketua Program Studi MBS, Dr. Imanda Firmantyas Putri Pertiwi, M.Si. Dr. Imanda menjelaskan bahwa MBS memiliki tiga konsentrasi, yaitu: Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Sumber Daya Insani

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai masing-masing konsentrasi:

  • Manajemen Keuangan berkaitan dengan pengelolaan keuangan perusahaan. Prospek pekerjaan yang memungkinkan adalah enterpreneur, analis keuangan, manajer keuangan, ibu rumah tangga, konsultan keuangan, account officer, analis saham, menteri keuangan, analis kredit, dan analis asuransi.
  • Manajemen Pemasaran berkaitan dengan penjualan dan promosi produk atau jasa. Prospek pekerjaan yang memungkinkan adalah enterpreneur, content creator, manajer pemasaran, analis pasar, event planner, public relation, analis produk, dan digital marketing staff.
  • Manajemen Sumber Daya Insani berkaitan dengan pengelolaan karyawan. Prospek pekerjaan yang memungkinkan adalah enterpreneur, HRD, manajer sumber daya manusia, ibu rumah tangga, manajer umum dan operasional, tenaga pendidik, manajer pelatihan dan pengembangan, menteri tenaga kerja, diplomat, dan public relation.

Pada akhir kegiatan, mahasiswa diberi kesempatan untuk bertanya kepada pemateri. Mahasiswa mengaku senang dengan adanya kegiatan ini karena dapat membantu mereka dalam memilih konsentrasi yang tepat.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat. Sekarang saya jadi lebih yakin untuk memilih konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia,” kata Anjab Jauhar, salah satu peserta sosialisasi. (AHK)

,